BaTek dan BAnime (Bahas Teknologi dan Bahas Anime) NerveGear


Membahas NerveGear dan Teknologi FullDive, Perangkat Penunjang Masa Depan (Bagian 1)

Jika kalian adalah pecinta Anime, atau bahkan suka membaca Light Novel. Pasti sudah tidak asing dengan alat yang satu ini.
Sebuah alat yang paling ditunggu oleh para gamer dan pecinta Anime, NerveGear.
Di dalam Animenya, perangkat ini dibuat oleh seorang ilmuwan yang jenius, bernama Kayaba Akhihiko. Yang telah menjebak lebih dari 20.000 player di dalam sebuah game, bernama Sword Art Online. Kastil melayang, Aincrad yang terdiri dari 100 lantai. Cara untuk menyelesaikan game kematian ini ialah dengan cara tetap bertahan hidup dan melawan para Boss yang berada di setiap lantai hingga sampai lantai ke 100, tempat bos terakhir muncul.



(Aincrad)



(Cuplikan Episode Pertama)


Kirigaya Kazuto, atau Kirito (Nickname dalam game). Seorang player remaja berusia 16 tahun, yang dijuluki sebagai “Beater (Beta Tester Cheater)” (Atau penakluk, penulis juga kurang tahu) dan juga “The Black Swordsman” Sang karakter utama. Bersama dengan kawan-kawannya, berusaha tetap bertahan hidup di dunia ilusi tersebut dengan cara menaikkan Level Experiencenya (EXP) ke tingkat yang lebih tinggi, dan juga mengumpulkan banyak barang langka untuk memperkuat diri.



(Kirito)


Itu adalah sedikit cuplikan dari Anime tersebut. Bagaimana? Tertarik untuk menonton Animenya?
Kembali ke topik, yang pertama akan kita bahas ialah NerveGear.



(NerveGear)



Bentuknya nampak seperti helm bukan? Tapi itu bukan helm biasa.
Di dalamnya terdapat sebuah Chipset kecil yang bisa memancarkan gelombang ke otak sehingga menyebabkan mereka seperti bermimpi. Tidak akan ada rasa sakit yang mengenai tubuh asli player. Tapi itu menjadi berbeda pada saat Game Master merubah setting di gamenya, dari rasa sakit level 0 – 10. Player juga tidak bisa merasakan apa-apa di dunia nyata.
Kalian bisa menggerakan seluruh tubuh seperti biasanya di sana, bahkan ditambah dengan banyak skill yang bisa kalian peroleh dengan cara membuatnya sediri atau mendapatkannya, bahkan mencopy skill orang lain..
Alat yang sudah di damba-dambakan sejak lama, perangkat fenomenal pengubah sejarah teknologi, NerveGear. Apakah itu akan tercipta? Akankah ada ilmuwan jenius seperti Kayaba Akhihiko?
Jika dilihat dari perkembangan teknologi sekarang, harapan itu masih ada. Bahkan bukan hanya harapan, tapi kesempatan itu masih terbuka lebar untuk produsen alat Virtual Reality.



(Oculus Rift)

 (HTC Vive)
(Playstation VR)


Dan satu lagi yang pernah membuat gempar seluruh dunia. NerveGear Prototype milik IBM Jepang. Dan game Sword Art Online: The Beginning.


(Announcement SAO: The Beginning)



(NerveGear Prototype)

Alat yang bentuknya menyerupai helm, perangkat yang satu ini masih menggunakan Oculus Rift untuk menampilkan gambar di depan mata.
Mengenakan NerveGear ini, kita juga dapat melihat player lain di dalam server. Berkat teknologi canggih milik IBM bernama Soft Layer, dan juga sensor gerakan untuk menggerakan tubuh.
Sesuai dengan namanya, Sword Art Online: The Beginning, yang berarti ‘Awal dari Sword Art Online’. Memang belum sepenuhnya ‘Mirip’ Dengan NerveGear yang asli, tapi ini inovasi yang cukup bagus bukan? Ini menunjukkan bahwa perkembangan teknologi sudah berjalan di arah yang benar.
Sebenarnya, IBM mengadakan Beta Test di tempat rahasia miliknya bulan Maret kemarin. Hanya ada 100 orang beruntung yang terpilih menjadi Beta Tester.
Salah satu Channel Youtube yang beruntung pernah mengabadikan momen berharga ini. Saksikan liputannya berikut ini.



(Video dari DAISUKI)

Bagaimana? Apa mereka akan kita sebut menjadi ‘Beater’ saat game ini rilis di pasaran?
Untuk teknologi FullDive, kita akan bahas di lain waktu.

Sayonara Minna!
LINK START!

Comments